Survey Equipment

  • Echo Sounder


Perangkat ini memiliki beberapa komponen yang bisa memancar dan menerima gelombang yang di dukung beberapa peralatan lain seperti GPS (Global Positioning System) dan komputer.
Prinsip kerja alat ini begini: Pada transmiter terdapat transducer yang fungsinya merubah energi listrik menjadi suara, lalu suara yang di hasilkan akan di pancarkan dengan frekwensi tertentu dan di pancarkan melalui media air yg mempunyai kecepatan rambat sebesar v=1500 m/s.
ketika suara ini mengenai benda atau object di bawahnya, misalnya kayu, ikan atau tanah maka suara itu akan di pantulkan. Ini sesuai dengan sifat gelombang, yang mana ketika suatu gelombang suara mengenai suatu penghalang maka gelombang itu akan di serap dan di biaskan, demikian juga cara kerja alat ini, ketika gelombang suara mengenai object maka sebagian energinya ada yang di pantulkan, di biaskan ataupun di serap. sedangkan untuk gelombang yang di pantulkan energinya akan di terima oleh receiver, kemudian akan di olah oleh program dan di perolehlah keluaran (output) dari program atau software tersebut.
Sedangkan cara atau sytem software tersebut mengolah datanya berasal dari penentuan selang waktu pulse yang di pancarkan dan pulse yang diterimanya. dari hasil itulah jarak suatu benda atau object akan di ketahuai jaraknya.
Alat ini selain di gunakan untuk mendeteksi kedalaman air laut juga bisa di gunakan untuk mencari posisi ikan, bahkan tehnologi ini sudah di kembangkan di berbagai belahan dunia eropha dan juga asia kususnya jepang.
Begitulah sekelumit uraian cara kerja alat ini.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.